WAKTU |
KEGIATAN |
FASILITATOR |
SISWA |
09.55 – 10.00 WIB |
Pembukaan &
Persiapan |
Fasilitator menyampaikan tujuan dan manfaat kegiatan. Setelah mengikuti kegiatan P5 Kebekerjaan Kelas XI ini, siswa diharapkan mampu: 1. Memahami sektor pekerjaan sesuai bakat dan minat 2. Membuat surat
lamaran kerja dan CV yang baik dan benar. 3. Melakukan wawancara kerja
dengan percaya diri. |
|
10.00 – 11.30 WIB |
Pengenalan Dunia
Kerja |
Fasilitator mengenalkan berbagai sektor pekerjaan dan keterampilan yang dibutuhkan. |
Diskusi interaktif (berkelompok 6 siswa): Mengidentifikasi Keterampilan Utama yang Dibutuhkan Dunia Kerja (Soft Skills/Keterampilan Non-Teknis dan
Hard Skills/Keterampilan Teknis) Ø Sebagai formatif 1 Ø Membuat presentasi
hasil diskusi (canva) Ø Share link presentasi
di spreadsheet kolaborasi Ø Aspek penilaian: gotong royong |
11.25 – 12.10 WIB |
Identifikasi Minta
dan Bakat |
Diskusi singkat mengenai hasil dan relevansi minat dengan pekerjaan |
Pengisian kuisioner untuk mengenali minat dan bakat siswa |
12.10 – 12.40 |
Ishoma |
|
|
12.40 – 13.400 WIB |
Membuat Surat Lamaran
dan CV https://s.id/SuratLamaranCV |
Fasilitator mengenalkan surat lamaran kerja dan curriculum
vitae (CV) |
Siswa latihan membuat surat lamaran dan Menyusun CV Ø Sebagai formatif 2 Ø Membuat Surat Lamaran Kerja
dan CV dalam format PDF Ø Share link Surat Lamaran dan
CV di spreadsheet kolaborasi Ø Aspek penilaian: mandiri |
13.40 – 14.30 WIB |
Simulasi Wawancara Kerja |
Fasilitator mengenalkan
simulasi wawancara kerja |
Siswa bermain peran dalam simulasi wawancara kerja dalam bentuk video dengan durasi
5 – 10 menit. Ø 1 siswa
sebagai pewawancara (HRD) dan 1 siswa sebagai pelamar kerja. Ø siswa yang berperan sebagai pelamar menyiapkan surat lamaran dan CV yang sesuai
dengan posisi yang dilamar. Pewawancara menyiapkan
daftar pertanyaan berdasarkan posisi yang dilamar oleh pelamar Ø Share link
video simulasi wawancara kerja
di |
|
|
|
spreadsheet
kolaborasi Ø Aspek penilaian: kreativitas |
14.30 – 14.40 WIB |
Umpan Balik |
Fasilitator memberikan umpan balik terkait dengan kekuatan dan area yang perlu ditingkatkan kegiatan P5 |
Siswa melakukan refleksi dan
evaluasi terkait pelaksanaan P5 |
0 Comments