Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) 2024 adalah bagian dari Asesmen Nasional (AN) yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristek melalui Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP).
Tujuan Sulingjar adalah mengukur berbagai aspek lingkungan belajar di sekolah yang berdampak pada proses dan hasil pembelajaran. Survei Lingkungan Belajar adalah alat ukur yang digunakan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek-aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan satuan pendidikan.
Survei ini mengumpulkan informasi tentang faktor-faktor yang berkaitan dengan input dan proses pembelajaran yang mempengaruhi hasil belajar murid. Diantaranya mengenai perundungan, sosialisasinya oleh sekoah, informasi tentang ada tidaknya pelecehan seksual baik kepada siswa maupun pada guru.
Pelaksanaan Sulingjar mengikuti Jadwal ANBK 2024. Dimana ANBK telah dilaksanakan pada 19 Agustus 2024 dan pelaksanaan Surlingjar di SMKN 1 Bukateja pada hari Kamis, 12 September 2024. Dikutip dari laman Sulingjar Kemdikbud, pengisian baru bisa aktif sesuai jadwal pelaksanaan asesmen nasional. Adapun para guru yang menjabat sebagai pendidik di lebih dari satu sekolah harus mengisi data untuk semua tempatnya bekerja.
Pelaksanaan Survei lingkungan belajar di SMK Negeri 1 Bukateja, dilaksanakan di laboratorium TKJ dan RPL dengan jumlah peserta 105 guru, pengisian survey dilaksanakan fleksibel menyesuaikan jam bebas mengajar di kelas.
Survei lingkungan belajar merupakan cermin kualitas pendidikan di sekolah. Survei Lingkungan Belajar adalah sebuah instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas lingkungan belajar di suatu sekolah.
Survei ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang berbagai faktor yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran, seperti Interaksi guru-siswa, Bagaimana hubungan antara guru dan siswa di dalam kelas? Apakah komunikasi berjalan efektif? Fasilitas sekolah, Apakah fasilitas yang tersedia di sekolah sudah memadai untuk mendukung proses pembelajaran, Iklim sekolah apakah suasana di sekolah kondusif untuk belajar? Apakah siswa merasa aman dan nyaman?
Kurikulum dan pembelajaran:
Apakah kurikulum yang diterapkan relevan dan sesuai dengan kebutuhan siswa? Apakah metode pembelajaran yang digunakan efektif?
Hasil survei lingkungan belajar dapat digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran: Dengan mengetahui kekurangan dan kelebihan yang ada, sekolah dapat mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki kualitas pembelajaran.
Membuat kebijakan yang tepat, Data dari survei dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan pendidikan yang lebih baik.
Efektivitas program-program sekolah sekolah dapat mengukur efektivitas program-program yang telah dilaksanakan, seperti program peningkatan mutu guru atau program pengayaan bagi siswa berprestasi.
Survei lingkungan belajar merupakan alat yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Dengan memahami kondisi lingkungan belajar yang sebenarnya, sekolah dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung keberhasilan siswa.
0 Comments