Kurikulum Skansika

Bapak/ Ibu dapat mengakses berkatan dengan: Struktur Kurikulum, Agenda Kegiatan, Kalender Pendidikan, Pembagian Waktu KBM, Jadwal Blok dan lain sebagainya

Sarastiana,MBA

Waka kurikulum

Yiyit Rastowo

Perencanaan dan TEFA

Prihatin Puji R.

Supervisi dan Penilaian

Innar Sholata

Perencanaan dan TEFA

Sri Nurhidayati

Penilaian

Dian Pramukti

Admin Penilaian

Nurhabib Umar

PBM Penilaian

Kokurikuler dan Tantangannya

Kegiatan Kokurikuler di SMKN 1 Bukateja 
Kokurikuler dalam pembelajaran mendalam adalah kegiatan penguatan dan pendalaman materi yang dilakukan di luar jam pelajaran intrakurikuler untuk mengembangkan karakter dan kompetensi siswa secara utuh. Kegiatan ini dirancang untuk memperkaya pemahaman siswa melalui berbagai kegiatan seperti studi lapangan, proyek riset, atau kegiatan seni budaya, dan memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret serta bermakna di kehidupan nyata.
Kegiatan ko-kurikuler mampu mendukung pembudayaan deep learning melalui keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar yang kontekstual, reflektif, dan bermakna. Temuan ini selaras dengan pandangan Bahgat et al. (2017)yang menekankan pentingnya transformasi peran guru dalam menciptakan pengalaman belajar aktif dan mendalam melalui kerangka FIRST (Feedback, Interactivity, Reflection, Support, and Transfer). Dalam kegiatan ko-kurikuler, guru tidak hanya berperan sebagai penyampai materi,tetapi sebagai fasilitator yang mendorong siswa untuk berpikir kritis, memecahkan masalah, dan mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata. Hal ini juga diperkuat oleh Jiang (2022),yang menekankan bahwa deep learning memerlukan keterlibatan kognitif yang tinggi dan kemampuan untuk menerapkan pengetahuan secara fleksibel dalam berbagai konteks. Kegiatan ko-kurikuler di SMKN 1 Bukateja memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan ini melalui pendekatan pembelajaran yang otentik dan kolaboratif.
Indikator mind, meaning, dan joy yang muncul dalam kegiatan ko-kurikuler juga memperkuat pembelajaran yang menyeluruh secara kognitif, afektif, dan sosial. Hal ini sejalan dengan konsep deep meaningful learning yang dijelaskan oleh Mystakidis (2021), yang menekankan pentingnya keterkaitan antara pengetahuan, emosi, dan pengalaman dalam menciptakan pemahaman yang mendalam. Selain itu, kegiatan yang memunculkan antusiasme dan kepuasan belajar, seperti seni tari dan eksperimen dalam klub sains, sesuai dengan prinsip joyful learning yang dikaitkan dengan teori psikologi positif (Biswas-Diener & Dean, 2007). Aspek mindfulness yang tampak dalam refleksi diri siswa selama kegiatan pramuka dan diskusi ilmiah juga mendukung temuan Shapiro et al. (2006) serta Brown et al. (2007), yang menunjukkan bahwa keterlibatan sadar dalam proses belajar berdampak positif terhadap pemahaman dan kesejahteraan siswa. Dengan demikian, hasil penelitian ini memperkuat temuan Nabila et al. (2025) bahwa pendekatan deep learning dalam pembelajaran sains di sekolah tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep, tetapi juga menumbuhkan sikap aktif, kreatif, dan reflektif pada peserta didik.
Tantangan :

Tantangan

Deskripsi

Solusi

1. Keterbatasan sumber daya dan fasilitas

Keterbatasan waktu, fasilitas, dan ruang yang memadai untuk melaksanakan kegiatan kokurikuler secara optimal.

Peningkatan pelatihan berkelanjutan untuk guru terkait integrasi deep learning dalam kegiatan kokurikuler.

2. Kurangnya pelatihan guru dalam deep learning

Guru kurang siap dalam mengintegrasikan deep learning dalam setiap kegiatan kokurikuler

Memberikan pelatihan berkelanjutan yang lebih terstruktur tentang pembudayaan deep learning dalam kegiatan kokurikuler.

3. Kesulitan siswa dalam mengaitkan kegiatan kokurikuler dengan pembelajaran mendalam

Siswa sering kali lebih fokus pada pencapaian tujuan sesaat tanpa mengaitkan dengan pembelajaran mendalam

Pengelolaan kegiatan kokurikuler yang lebih terstruktur dan berbasis refleksi, serta penguatan hubungan teori dengan pengalaman nyata.

4. Resistensi terhadap perubahan metode pembelajaran

Guru dan orang tua masih merasa ragu terhadap efektivitas metode deep learning dalam pendidikan dasar.

Meningkatkan kesadaran dan pemahaman orang tua serta guru tentang manfaat deep learning melalui komunikasi dan sosialisasi yang lebih intens.


Perlunya peningkatan pada pelaksanaan kokurikuler ini perlu ada seperti peningkatan pelatihan guru dan pengelolaan kegiatan kokurikuler yang lebih terstruktur, juga mencerminkan hasil penelitian  Misalnya, Hendrianty et al. (2024) menyarankan pentingnya pengembangan pola pikir deep learning di kalangan guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif. 
Demikian pula, Kemendikbud RI (2016) menggarisbawahi pentingnya integrasi kompetensi abad ke-21 dalam kurikulum, yang juga tercermin dalam usulan penelitian ini untuk memperkuat kesadaran di kalangan orang tua dan pihak sekolah mengenai pentingnya deep learning dalam pembelajaran. Dengan demikian, penelitian ini memperkuat literatur yang ada mengenai perlunya perubahan dalam pendekatan pembelajaran untuk menghadapi tantangan global yang semakin kompleks.

0 Comments