Setiap guru perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja yang termasuk dalam kemampuan numerasi sebelum membuat dan mengembangkan rencana pembelajaran mereka. Berikut ini adalah hal-hal yang termasuk dalam kemampuan numerasi (School Based Teacher Development Programme - Transforming Classroom Practices, 2013):
Semua area di atas sangat berhubungan dengan pembelajaran berbagai mata pelajaran dan dapat diterapkan dalam beraneka format di masing- masing mata pelajaran sesuai dengan konteks dan kebutuhannya.
Setiap guru mata pelajaran apapun dapat memasukkan numerasi dalam perencanaan pembelajaran mata pelajaran mereka.
Untuk membantu guru dalam mengenali kemampuan numerasi siswa dalam area tertentu, ketika membuat rencana pembelajaran lakukan beberapa hal ini (School Based Teacher Development Programme - Transforming Classroom Practices, 2013, 31):
- Keterampilan numerasi apa yang perlu dipahami murid? (misalnya persentase, grafik, ukuran, dan lain-lain)
- Pastikan keterampilan tersebut sudah dibahas dalam pelajaran matematika.
- Gunakan informasi tersebut untuk membuat rencana pembelajaran.
- Pikirkan bagaimana cara mengaplikasikan konsep numerasi tersebut dalam situasi kehidupan nyata, untuk menunjukkan kepada siswa betapa penting dan relevannya kemampuan numerasi tersebut dengan kehidupan nyata.
- Rencanakan dan cari sumber-sumber yang dibutuhkan untuk digunakan.
- Pastikan ada waktu bagi siswa untuk mengeksplorasi dan berlatih seleluasa mungkin.
- Pikirkan bukti apa yang dapat diambil dan digunakan untuk menunjukkan apa yang mereka pelajari. Bisa dengan mendengarkan dan mencatat proses diskusi mereka, memperhatikan rencana yang mereka buat, lalu hasil presentasi mereka.
- Tentukan kriteria keberhasilan pembelajaran mereka.
Pembelajaran bermakna adalah proses belajar yang tidak sekedar menghafal konsep atau fakta (root learning), namun berusaha menghubungkan konsep atau fakta tersebut untuk menghasilkan pemahaman yang utuh (meaningful learning), sehingga konsep yang dipelajari
dapat dipahami secara mendalam dan tidak mudah dilupakan
0 Comments